Ditulis pada 21 March 2016 , oleh admin

Organisasi Pusat MKU UB dipimpin oleh seorang Ketua dibantu oleh seorang sekretaris yang mengkoordinasikan empat koordinator mata kuliah, yaitu Koordinator Mata Kuliah Pendidikan Agama, Koordinator Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Koordinator Mata Kuliah Kewarganegaraan, dan Koordinator Mata Kuliah Bahasa Indonesia, serta empat orang koordinator pelaksana, yaitu bidang akademik, keuangan, penjaminan mutu, dan peningkatan SDM. Pusat MKU memiliki 4 (empat) orang tenaga kependidikan yang menjalankan tugas administrasi akademik dan umum, keuangan, dan penjaminan mutu, yang dipimpin oleh seorang Kepala urusan administrasi.

Namun demikian, berdasarkan Keputusan Rektor UB Nomor 553/SK/2013 tanggal 28 Oktober 2013 Struktur MKU yang ditetapkan adalah sebagai berikut:

1. Penasihat                     : Pembantu Rektor I

2. Ketua                           : Dr. Muchamad Ali Safa’at, SH. MH.

3. Sekretaris                    : Muhammad Hambali, S.S., M.Pd.

4. Koordinator                :

- Agama                     : Arif Mustafa, S.Pd., M.Si.

- Pancasila                 : Muhamad Anas, S.Fil., M.Phil.

- Bahasa Indonesia  : Trisna Andarwulan, M.Pd.

- Kewarganegaraan  : Emi Setyaningsih, S.Fil., M.Phil.

5. Sekretariat                             :

  1. Tedy Fudianto, A.Md
  2. Suwarno
  3. Achmad Dimyati
  4. Aditia Prihantoro, SE.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi MKU UB

TANGGUNG JAWAB DAN KEWENANGAN PERSONALIA

PUSAT MATA KULIAH UMUM
Sesuai struktur Organisasi UPT MKU, personalia terdiri atas Ketua, Sekretaris, Koordinator, dan staf. Dalam menyelenggarakan tugas rutin, masing-masing personil UPT MKU melaksanakan tugasnya sesuai job description sesuai dengan surat keputusan Rektor dan masing-masing bertanggung jawab atas pelaksanaan tugasnya, yaitu :

Ketua UPT MKU/Top Management :

  1. menetapkan kebijakan umum dan strategis seluruh kegiatan UPT MKU
  2. bertanggung jawab secara umum atas keberlangsungan seluruh pelaksanaan kegiatan UPT MKU
  3. melakukan perencanaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi kegiatan berikut anggarannya terhadap seluruh Program Kerja UPT MKU bersama dengan koordinator MK dan MPK.
  4. memimpin, mengendalikan,dan mengkoordinir seluruh program kerja UPT MKU dan membina tugas seluruh personalia UPT MKU
  5. memimpin penyelesaian permasalahan dalam pelaksanaan tugas UPT MKU
  6. memimpin, menunjuk dan menetapkan petugas PUMK seluruh kegiatan UPT MKU
  7. memberikan persetujuan atau penolakan atas pengeluaran uang seluruh kegiatan UPT MKUsesuai dengan peraturan yang ada
  8. melakukan Koordinasi dan kerjasama dengan Instansi terkait
  9. bertanggung jawab kepada Rektor, PR I, dan PR II

Sekretaris UPT MKU/ Management Representative (MR)

1.  Membantu Ketua UPT MKU sebagai Management Representative (MR) dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai business proses berikut anggarannya

2.  Menyusun pelaksanaan program kerja UPT MKU

3.  Menyusun Proposal Kegiatan berikut Anggaran seluruh kegiatan UPT MKU

4.  Menyelenggarakan, mengkoordinir, dan memimpin seluruh pelaksanaan program kerja dan seluruh kegiatan UPT MKU dengan berkoordinasi bersama  Ketua UPT MKU

5.  Memimpin, mengkoordinasi dan bertanggung jawab terhadap kegiatan administrasi tugas seluruh Staf Administrasi UPT MKU

6.  Membantu Ketua dalam penyelesaian permasalahan pelaksanaan tugas UPT MKU

7.  Membantu Ketua UPT MKU melakukan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap PUMK/Bendahara seluruh kegiatan UPT MKU.

8.  Membantu Ketua melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Instansi terkait

9.  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua UPT MKU

10. Bertanggung jawab kepada Ketua UPT MKU

Bendahara

1.  Melaksanakan administrasi keuangan dan dokumentasi kegiatan harian terkait keuangan

2.  Mempersiapkan pengajuan, pencairan dan pelaporan rutin  di bawah koordinasi Sekretaris UPT MKU

3.  Bertanggung jawab terhadap penyediaan data untuk kepentingan audit keuangan (Irjen, BPKP, BPK),di bawah koordinasi Sekretaris UPT MKU

4.  Membantu koordinasi transportasi dan akomodasi tamu serta anggota UPT MKU

5.  Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UPT MKU.

6.  Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi kegiatan harian terkait keuanganUPT MKU

7.  Membantu pengelolaan database dan pertanggungjawaban keuangan UPT MKU.

8.  Membantu dan bertanggung jawab atas pekerjaan lain terkait tugas UPT MKU

11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua UPT MKU

12. Bertanggung jawab kepada SekretarisUPT MKU

Staf Administrasi Umum

1. Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi kegiatan harian dan notulensi rapat UPT MKU.

2.   Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi surat-menyurat elektronik (e-mail) UPT MKU.

3.   Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi referensi/dokumen elektronik.

4.   Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi referensi/dokumen pustakaUPT MKU

5.   Membantu pekerjaan administrasi penyusunan, pemantauan dan pelaporan kegiatan UPT MKU

6.   Membantu pengelolaan database dan informasi UPT MKU

7.   Membantu pekerjaan pengadaan barang dan jasa UPT MKU.

9.Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan peralatan, kerapian, dan kebersihan Infrastruktur UPT MKU

Koordinator Matakuliah

  1. Membantu ketua dalam melaksanakan tugas Ploting Dosen untuk  Fakultas
  2. Mengkoordinasi dosen MPK berhubung dengan perkuliahan: Materi Perkuliahan, metode dan model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
  3. Menyampaikan informasi-informasi kepada para dosen tentang kebijakan pimpinan.
  4. Memonitor keaktifan dosen dalam hal proses belajar mengajar pada berbagai fakultas/jurusan/program studi.
  5. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya akademis di bidang MPK.
  6. Bagian Agama Non Islam (Protestan, Khatolik, Hindu,Budha). Untuk tupoksi dalam penyelenggaraan tugas rutin, dilaksanakan langsung oleh masing-masing Koordinator Dosen Agama matakuliah Non Islam (Khatolik, Protestan, Hindu dan Budha) dibawah koordinasi UPT MKU.