Ditulis pada 21 March 2016 , oleh admin

SEJARAH

PUSAT MATA KULIAH UMUM

(PUSAT MKU)

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Dalam perkembangan kesejarahannya, UPT MKU mengalami beberapa kali reposisi. Tahun 1985 sebagai Jurusan MKDU di Fakultas Hukum, tahun 1993 sebagai UPT MKDU di bawah Universitas, dan tahun 1997 menjadi UPT MKU dengan kewenangan penyelenggaraan pendidikan lebih luas. Pada tahun 2002, kewenangan UPT MKU terbatas pada  pembinaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), pengoordinasian dan pendistribusian pengajar ke fakultas/jurusan.

Reposisi dengan pasang surut wewenang tersebut tidak mempengaruhi peran UPT MKU sebagai unit pelayanan yang konsens membina dan memantau penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi kepada pengembangan kepribadian. Hingga kini UPT MKU tetap eksis mengelola kelompok MPK yang  terdiri atas Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, serta Pancasila.

Dalam perkembangan sejarahnya, Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) semula bernama Mata Kuliah dasar Umum (MKDU). Berdiri sejak 1983 sebagai pelaksana SK. Dikti No. 174/0/1983 tentang penataan jurusan di lingkungan universitas/institut negeri. MKDU  Universitas Brawijaya 1985 berubah statusnya menjadi Jurusan MKDU yang secara administratif berada di Fakultas Hukum walaupun secara operasional berada di tingkat universitas.

Jurusan MKDU di Fakultas Hukum berlangsung selama delapan tahun Dengan dikeluarkannya SK Rektor No. 074/SK/1993, status MKDU sebagai jurusan di Fakultas Hukum berubah menjadi Unit Pelayanan Teknis (UPT) MKDU yang secara administratif tidak lagi berada di Fakultas Hukum melainkan berada di tingkat Universitas. Di samping  memberikan pelayanan perkuliahan MKDU, UPT MKDU juga memiliki tenaga pengajar tetap dan dapat membina karir dosen.

UPT MKDU berubah namanya menjadi UPT Mata Kuliah Umum (MKU) pada tahun 1997 tanpa merubah susunan organisasi, personalia, maupun tugas-tugasnya. Berdasarkan  SK Rektor No. 17/SK/2000 mengenai sentralisasi  perkuliahan kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian

(MPK) di tingkat Universitas oleh UPT MKU, Wewenang UPT MKU meliputi penyelenggaraan administrasi pendidikan  dan administrasi keuangan, di samping menyelenggarakan perkuliahan MPK secara sentral.

Pada tahun 2002, dengan pertimbangan tertentu, kebijakan baru dikeluarkan Rektor mengenai pengembalian perkuliahan MPK, administrasi pendidikan dan administrasi keuangan  ke fakultas/jurusan masing-masing. Dengan demikian, tugas MKU adalah mengkoordinasikan dan mendistribusikan  para dosen MPK ke fakultas/jurusan di lingkungan Brawijaya.

Rencana pengembangan strategis ke depan, UPT MKU bukan hanya bertugas mengkoordinasikan dan mendistribusikan para dosen ke fakultas dan jurusan, melainkan sebagai lembaga pusat pengkajian pendidikan dan karakter. Dengan rencana tersebut, beberapa langkah sudah ditempuh agar UPT MKU memiliki konsep dan desain yang matang. Dengan demikian, nantinya akan mendapatkan hasil yang sesuai dan dapat memberikan kontribusi kepada Universitas.

Sejak berdirinya, MKU  dipimpin oleh Prof. Drs. Sofyan Aman, S.H. (1983—1999), Drs. Zusihadi (1999—2012), dan Dr. Istislam, S.H, M.Hum (2012—2015), dan Dr. Mochamad Ali Safa’at, S.H., M.H.