Ditulis pada 18 October 2013 , oleh admin , pada kategori Berita, Kegiatan

Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT-MKU) Universitas Brawijaya menyelenggarakan kursus bahasa Inggris tingkat “Intermediate” bagi para dosen pengajar matakuliah pengembangan kepribadian (Dosen MPK). Pelatihan tersebut dilaksanakan selama satu setengah bulan yaitu pada tanggal 20 Juni sampai dengan 30 Juli 2013 dengan total 12 kali pertemuan. Dalam hal ini UPT-MKU bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) jurusan bahasa Inggris perihal pemateri dan bahan ajar selama pelatihan berlangsung. Acara dibuka oleh Drs. Subkhi Hasby M.Ag selaku perwakilan dari MKU. dalam sambutannya beliau menyampaikan urgensi kemampuan tutur dan tulis bahasa asing bagi para dosen MPK, beliau menambahkan, pada fakultas-fakultas tertentu minat mahasiswa untuk menjadi bagian dari kelas inernational semakin bertambah.

Diawali dengan pre-test TOEFL sebagai stimulus, para dosen MPK yang berjumlah 18 orang seakan mendapat tantangan baru untuk terus mengembangkan potensi kemampuan berbahasa asing. “pelatihan ini menggunakan metode learning by doing sehingga peserta kursus dapat berperan aktif dalam berkomunikasi dan menulis” tutur Bpk Didik, M.Pd selaku pemateri.

Modul pembelajaran yang dibagikan untuk peserta kursus menjadi acuan bahan pelajaran karna memuat tiga (3) kompetensi penting dalam penguasaan bahasa asing, yaitu kemampuan Speaking, Listening, and Writing. Bentuk pembelajaran yang disuguhkan juga berfariasi, mulai dari metode ceramah, problem solving, dan permainan yang menyenangkan.

Pada pertemuan terkhir, peserta kursus disuguhi Toefl Test akhir sebagai hasil dari pelatihan, walhasil banyak manfaat yang bisa didapat oleh para peserta kursus bahas Inggris terutama dalam pemantapan kemampuan berbahasa asing.